Kamis, 21 April 2016

bahan TAKE HOME EXAM mk "perubahan iklim, adaptasi dan mitigasi", peminatan iklim dan pembangunan, prodi ilmu lingkungan, PPS Undana

Soal Test:

  • Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Pertanyaan: apa yang dimasudkan dengan rata-rata suhu global? Apa faktor pengendalinya? Jelaskan mengapa aktivitas manusia disebut sebagai penyebab kenaikan rata-rata suhu global dimaksud? 


  • Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer Bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana gas dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. 
Pertanyaan: apa yang dimaksudkan dengan spektrum radiasi surya? gambarkan spektrum di maksud? Bagaimana hubunga antara energi radiasi surya dengan teori gelombang elektro maganetik, teori kuantum? bagaimana karakteristik radiasi surya dan radiasi bumi berdasarkan tetapan Stefan-Boltzman dan hukum wien?

  • Strengthening of the greenhouse effect through human activities is known as the enhanced (or anthropogenic) greenhouse effect.[23] This increase in radiative forcing from human activity is attributable mainly to increased atmospheric carbon dioxide levels.[24] According to the latest Assessment Report from the Intergovernmental Panel on Climate Change, "atmospheric concentrations of carbon dioxide, methane and nitrous oxide are unprecedented in at least the last 800,000 years. Their effects, together with those of other anthropogenic drivers, have been detected throughout the climate system and are extremely likely to have been the dominant cause of the observed warming since the mid-20th century".[25]


    Pertanyaan:  bagaimana mekanisme kerja gas rumah kaca dalam melindungi bumi? Mengapa pengaruh gas rumah kaca memicu peningkatan suhu global? Mengapa efek rumah kaca selalu dikaitkan dengan aktivitas manusia 
     
    • El Nino
      Yang dimaksud El Nino adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan oleh naiknya suhu permukaan laut Samudera Pasifik sekitar khatulistiwa bagian tengah dan timur. Naiknya suhu di Samudera Pasifik ini mengakibatkan perubahan pola angin dan curah hujan yang ada di atasnya. Pada saat normal hujan banyak turun di Australia dan Indonesia, namun akibat El Nino ini hujan banyak turun di Samudera Pasifik sedangkan di Australia dan Indonesia menjadi kering.

      La Nina
      La Nina adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan suhu permukaan laut Samudera Pasifik dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Akibat dari La Nina adalah hujan turun lebih banyak di Samudera Pasifik sebelah barat Australia dan Indonesia. Dengan demikian di daerah ini akan terjadi hujan lebat dan banjir di mana-mana.

      Pertanyaan: bagaimana mekanisme terjadinya el nino dan la nina? Apa kaitannya dengan siklus-siklus atmosfir dan arus laut? apa kaitannya dengan pergerakan angin muson di Indonesia? bagaimana dampak el nino dan la nina?

      Tugas : kumpulkan data curah hujan di NTT selama periode 1980 - 2010 dan 2011 - 2015 (dapat diminta ke BMKG, lasiana dengan surat pengantar dari Pascasarjana). Hitung rerata dan simpangan baku kedua populasi pengamatan tersebut. Hitung normalitas datanya (gunakan sebaran Z). Komparasikan curah hujan di antara kedua populasi tesebut (gunakan uji t). Hitung kecenderungan perubahan curah hujan yang terjadi (gunakan model regresi). Buatkan penafsirannya dalam bentuk makalah.

      Cacatan:
      1. semua dikerjakan sendiri kendati boleh berdiskusi kelompok.
      2. Semua pertanyaan diserahkan pada minggu depan
      3. Tugas dikumpulkan pada saat UAS


Tidak ada komentar:

bahan kuliah 2, MK Pengendalian Kebakaran dan Penggembalaan Liar, Prodihut, S1

Fakta Empirik Kebakaran dan Penggembalaan Liar di Indonesia  Musim kemarau panjang di Indonesia identik dengan masalah akut seputar...